Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Selasa, 01 Juli 2008

Event Astronomi Indonesia - Juli 2008

Star Party ISG - Kecintaan terhadap astronomi mulai tumbuh di Indonesia.




Memasuki bulan Juli 2008 ini kita kembali akan menikmati beberapa peristiwa astronomi menarik diantanya berkumpulnya beberapa obyek-obyek langit atau konjungsi, bulan yang berdekatan dengan planet dan bintang dan peristiwa oposisi. Kalender fase bulan juga masih menghias event astronomi kali ini, termasuk data kegiatan rukyat hilal penentuan awal bulan Rajab 1429 H.

Bulan ini juga terdapat even istimewa berupa posisi matahari tepat di atas kota Mekah yang dapat digunakan sebagai panduan pelurusan arah kiblat. Kalender akan ditutup dengan peristiwa cukup menarik yaitu kembalinya meteor shower Southern Delta Aquarids yang diharapkan dapat menjadi tontonan yang spektakuler. 

Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear and Dark Sky.


Rabu, 2 Juli 2008
Mercury Greatest Western Elongation @ 10:25 WIB (Geosentris)


Hari ini Planet Merkurius berada pada posisi paling jauh sudut elongasinya terhadap matahari. Merkurius berada maksimum di sebelah Barat matahari. Posisi tersebut membuat planet paling dekat matahari ini akan mudah disaksikan pagi hari sebelum matahari terbit di Langit Timur. Bangun pagi dan carilah planet Merkurius ini.
Rabu, 2 Juli 2008
Moon at Perigee @ 04:20 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi (359512 km). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekatnya. [ info ].

Kamis, 3 Juli 2008
New Moon @ 09:21 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Jumadil Ajkhir 1429 H sekaligus awal Rajab 1429 H dan merupakan lunasi astronomis ke 1058 serta lunasi Islam ke 17143. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.

Kamis, 3 Juli 2008
Rukyatul Hilal - Rajab 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)
Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Jumadil Awal 1429 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Parangkusumo. Seperti biasanya JAC-RHI akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal awal bulan ini. Pada sore ini posisi hilal di POB Parangkusumo belum cukup tinggi yaitu 2,8° saat matahari terbenam. Pada ketinggian seperti ini sangat sulit dilakukan rukyat walau menggunakan alat sekalipun. Dengan alasan tersebut rukyat akan dilakukan pada hari berikutnya. Analisis dan awal Rajab 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI)
.






.
Jumat, 4 Juli 2008
Earth at Aphelion @ 15:00 WIB (Geosentris)
Siang ini secara Geosentris (diukur dari pusat) planet Bumi yang kita tempati ini berada pada jarak terjauhnya dengan Matahari (1.01675351039063 AU = 152,104,160 km). Aphelion adalah peristiwa dimana sebuat planet berada pada jarak terjauhnya dengan Matahari. (lengkap)

Minggu, 6 Juli 2008
Moon - Regulus - Mars - Saturn @ 19:00 WIB
Bulan sabit berdekatan dengan bintang Regulus di Rasi Leo, di sebelah Timurnya adalah Planet Mars dan Planet Saturnus. Langit Barat setelah Matahari terbenam.
.




Rabu, 9 Juli 2008
Jupiter at Opposition @ 14:20 WIB (Geosentris)
Hari ini posisi Planet Jupiter berada tepat membelakangi Matahari, sehingga planet ini mengalami "purnama". Malam ini adalah waktu paling bagus untuk pengamatan Jupiter karena seluruh permukaannya yang menghadap Bumi dapat kita lihat. Oposisi adalah peristiwa dimana sebuah planet berada berseberangan dengan posisi Matahari.

Kamis, 10 Juli 2008
First Quarter Moon, 11:36 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.

Kamis, 10 Juli 2008
Mars - Saturn Conjunction @ 18:00 WIB
Duet planet Mars dan Saturnus dapat kita saksikan sore ini di Langit Barat. Konjungsi Mars dan Saturnus kali ini terjadi pada elongasi kurang dari 1°. Mars yang kemerahan dan Saturnus yang bercincin akan lebih bagus dilihat menggunakan teleskop atau binokuler. Pemandangan ini masih dapat disaksikan malam berikutnya.
 

Senin, 14 Juli 2008
Moon at Apogee @ 11:00 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 406.228 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [ info ]

Selasa, 17 Juni 2008
Moon - Antares @ 18:00 WIB
Bulan Gibbous malam ini berada dekat dengan bintang terang di Rasi Scorpio yaitu Antares yang terlihat di Langit Timur agak tinggi. Pemandangan ini dapat disaksikan setelah matahari terbenam hingga tengah malam.

Selasa, 15 Juli 2007
Hari Arah Kiblat II @ 16:27 WIB ( Luruskan Arah Kiblat !! )
Sore ini Matahari berada tepat di titik Zenit kota Mekkah pada 15 Juli 2008 pukul 09.27 GMT atau 12.27 Waktu Makkah (GMT+3) atau 16.27 WIB (GMT+7). Saat paling tepat untuk menentukan arah kiblat ke arah Ka'bah di Mekah. selengkapnya









Saat paling tepat meluruskan arah kiblat adalah sore ini.


.
Kamis, 17 Juli 2008
Moon - Jupiter @ 19:00 WIB

Bulan menjelang purnama malam ini berada dekat dengan Planet Jupiter yang terlihat di Langit Timur. Pemandangan ini dapat disaksikan lepas sore hari hingga malam. Kemunculan Bulan semakin menambah cantik penampilan Jupiter malam ini.



Jum'at, 18 Juli 2008
Full Moon @ 00:30 WIB (Geosentris)
Bulan purnama kali ini dikenal sebagai Hay Moon atau Buck Moon sementara di India disebut Guru Poornima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
 
Sabtu, 26 Juli 2008
Last Quarter Moon @ 01:42 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

Minggu-Senin, 27-28 Juli 2007

Southern Delta Aquarids Meteor Shower @ 21:00 WIB - 04:00 WIB
Southern Delta Aquarids (SDA) adalah meteor shower yang dapat diamati mulai pertengahan Juli hingga pertengahan Agustus dan mencapai puncaknya pada 27/28 Juli. Asal muasal shower ini masih misterius namun diduga berasal dari reruntuhan komet 96P/Machholz-2. Radiant atau pusat shower berada di Rasi Aquarius yang baru terbit di Timur setelah matahari terbenam. Saat puncaknya shower ini dapat menghasilkan sampai 20 meteor tiap jam dengan kecepatan mencapai 41 km/dt. Tahun ini kenampakan shower SDA merupakan berita yang baik, sebab pada malam kenampakan Bulan sedang pada fase bulan tua dan baru terbit lepas tengah malam. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah sekitar tengah malam sampai menjelang pagi. (info)
.



Rabu, 30 Juli 2008

Moon at Perigee @ 06:00 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi (363,863 km). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekatnya. [ info ].

Rabu, 30 Juli 2008
Mercury at Superior Conjunction @ 03:00 WIB (Geosentris)
Planet Merkurius berada paling jauh di belakang matahari untuk memulai kembali Planet ini menjadi Planet Sore setelah beberapa lama menjadi Planet yang muncul pada pagi hari. Nantinya Merkurius akan dapat disaksikan di Langit Barat pada sore setelah matahari terbenam pada akhir bulan.

Jum'at, 1 Agustus 2008
Total Solar Eclipse @ 17:21 WIB (Geosentris)
Gerhana Matahari Total (GMT) terjadi pada hari ini. Jalur gerhana total mulai dari Kanada Utara lalu bergerak melintasi Greenland, Siberia, Mongolia dan China. Sedangkan beberapa lokasi yang dapat melihat gerhana sebagian adalah Greenland, Eropa dan Asia Barat. Sedangkan dari Indonesia tidak dapat diamati.
RASI BINTANG JULI 2008

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Crux di Langit Selatan lepas matahari terbenam dengan empat buah bintangnya yang membentuk silang sehingga rasi ini dinamakan salib selatan (Southern Cross) . Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang-layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "the Pointer" yang menghiasi Langit Selatan.
 
Langit Selatan dihiasi oleh rasi Centaurus dan Crux

Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) dilangit Timur lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.



Menjelang tengah malam konfigurasi bintang Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle- akan dapat disaksikan di Langit Timur. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang.


Tiga rasi dominan di Langit Selatan, Scorpius, Centaurus dan Crux


POSISI CLASICAL PLANET


Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan planet ini berada di Langit Timur dengan posisi cukup tinggi sekitar 22° terhadap matahari pada pagi hari sebelum matahari terbit. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Taurus. Di akhir bulan planet ini berangsur menjadi planet sore yang muncul di Langit Barat..

Venus
Planet Venus kini menjadi planet sore di langit Barat. Posisinya yang rendah di awal bulan membuat planet ini sulit dilihat. Namun pada akhir bulan planet ini cukup mudah dilihat dengan ketinggian mencapai 13° saat Matahri terbenam. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus pada awal bulan di Rasi Gemini.


Mars
Planet Mars berada di langit Barat selepas petang hari. Pada tengah bulan (11/07) ia akan nampak bergandengan dengan Planet Saturnus. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini berada di Rasi Leo.

▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan lepas petang hari di Langit Timur. Ia akan nampak di atas kepala pada tengah malam. Dan tepat pada 9 Juli planet ini beroposisi terhadap Matahari atau mengalami purnama sehingga cahayanya paling terang. Jupiter menjadi benda langit paling terang kedua pada malam hari setelah Bulan. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.


Saturnus
Planet Saturnus dapat dilihat di LAngit Barat selepas matahari terbenam. Saturnus berada di Rasi Leo dan terlihat paling terang diantara bintang yang ada di rasi ini. Bintang terang di dekatnya adalah Regulus. Pada tengah bulan (11/07) planet ini bergandengan dengan Mars si Planet Merah. Cahayanya yang cukup terang membuat planet mudah dibedakan dengan bintang. Magnitudenya kali ini sekitar 0,5. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Bulan-bulan ini masih merupakan saat yang bagus mengamati planet ini.


Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Timurmenjelang tengah malam..

Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius, Langit Timur menjelang tengah malam.


DWARF PLANET (PLANET KERDIL) DAN PLUTOID

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

Belum berhenti sampai di sini. Pada 11 Juni 2008 kembali IAU mengubah status Pluto dan Eris bukan lagi kelompok Drawt Planet tapi masuk dalam kelompok Plutoid, yaitu obyek yang 'mirip Pluto" seperti halnya sebutan untuk 'terestrial' dan 'Jovian'. Sementara untuk Ceres masih berstatus Dwarf Planet. Sehingga formasi terbaru Sistem Tata Surya kita sekarang seperti ini:




  • 8 planet (P): Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
  • 1 dwarf planet (dP): Ceres
  • 2 plutoid (p): Pluto, Eris
  • 160 lebih satelit alam (bulan/planetary sattelite)
  • ribuan "small solar system bodies"
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Gemini, dekat dengan posisi Matahri.

Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, Langit Timur lepas senja.

Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur menjelang tengah malam..
 
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
.
Links:








2 komentar:

  1. hi mate, this is the canadin pharmacy you asked me about: the link

    BalasHapus
  2. HALO APAKAH ADA YANG MELAKUKAN PENGAMATAN Southern Delta Aquarids Meteor Shower.

    KALAU ADA DI MANA..???

    BalasHapus