Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 01 Mei 2008

Event Astronomi Indonesia - Mei 2008


Astronomy Day tahun ini jatuh pada tanggal 10 Mei 2008

...
.
Bulan yang membawa harapan bagi para peminat langit malam adalah mulai Mei 2008 ini. Posisi matahari yang semakin ke Utara menjauh dari Katulistiwa membawa dampak perubahan ke musim Kemarau di Indonesia. Inilah mula bulan yang sangat ditunggu-tunggu para skygazer. Bulan yang penuh malam-malam berlangit cerah.
.
Tidak terlalu menarik memang event astronomi di bulan Mei ini kecuali hanya peristiwa kedekatan bulan dengan obyek langit lain yang dianggap sebagai fenomena cukup menarik barangkali. Selain itu fase-fase bulan, visibilitas planet dan informasi awal bulan hijriyah masih menjadi menu pada astro event bulan ini. Namun harap dicatat... bahwa pada bulan Mei ini terjadi suatu fenomena yang disebut "istiwa a'zam" yaitu posisi matahari tepat di atas Ka'bah. Nah bagi para pengelola masjid atau musholla fenomena ini dapat dipergunakan untuk mengoreksi arah kiblat dengan metode bayangan.
.
Kemunculan Eta Aquriarids Meteor Shower diharapkan dapat menjadi obat kecewa. Shower yang muncul pada Selasa (6/5) pagi tanpa cahaya bulan ini berpotensi menampakkan meteor cukup banyak. Bulan ini juga menjadi ajang peringatan Astronomy Day yang jatuh pada 10 Mei 2008 saat bulan pada fase seperempat.
.
Kalender Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi walaupun musim hujan sudah bersama kita. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
..

Sabtu, 3 Mei 2008

Saturn Retrograde Motion End @ 20:27 WIB (Geosentris)
Hari ini Planet Saturnus menyelesaikan gerak retrogradenya setelah pada 20 Desember 2007 lalu mulai. Gerak retrograde adalah semu planet ke arah sebaliknya relatif terhadap posisi bintang yang terjadi akibat posisi gerak planet dan gerak bumi bumi. Masa retrograde Planet Saturnus berlangsung sekitar 138 hari dan terjadi setiap 12,4 bulan sekali.

.

..

Senin, 5 Mei 2008

New Moon @ 19:20 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Rabiul Akhir 1429 H sekaligus awal Jumadil Awal 1429 H dan merupakan lunasi astronomis ke 1056 serta lunasi Islam ke 17141. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
..
Selasa, 6 Mei 2008
Eta Aquarids Meteor Shower @ 02:00 WIB
Pagi ini kita dapat menyaksikan fenomena hujan meteor Eta Aquarids. Titik Radian meteor ini berasal dari rasi Aquarius yang baru akan tebit lepas tengah malam di langit sebelah Timur. Tiadanya cahaya bulan menjadikan observasi shower Eta Aquarids kali ini akan banyak berpeluang. Untuk itu cobalah tengok saat cuaca cukup berapa meteor yang dapat terlihat...
..
Selasa, 6 Mei 2008

Rukyatul Hilal - Jumadil Awal 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Jumadil Awal 1429 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Parangkusumo. Seperti biasanya JAC-RHI akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal awal bulan ini. Pada sore ini posisi hilal di POB Parangkusumo cukup tinggi yaitu 8°26' saat matahari terbenam, setelah sehari sebelumnya yaitu hari pertama konjungsi mustahil dilakukan rukyat karena hilal sudah di bawah ufuk saat matahari terbenam. Analisis dan awal Jumadil Awal 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI).

..

.

Selasa, 6 Mei 2007

Moon at Perigee @ 10:23 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 357.771 km - 33'41" ). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekatnya. [ info ].
.

Sabtu, 10 Mei 2008

Jupiter Retrograde Motion Start @ 08:02 WIB (Geosentris)
Hari ini Planet Jupiter memulai gerak retrogradenya. Gerak retrograde adalah semu planet ke arah sebaliknya relatif terhadap posisi bintang yang terjadi akibat posisi gerak planet dan gerak Bumi.

...
Sabtu, 10 Mei 2008
Astronomy Day 2008 @ 09.00 - 22.00 WIB ( CLUB EVENT !!)

Hari ini di seluruh dunia diperingatai sebagai Hari Astronomi Dunia (Astroday) Peringatan Hari Astronomi ini dari tahun ke tahun jatuh pada tanggal yang berbeda. Hari Astronomi ditetapkan untuk diperingati tiap tahun pada tanggal tertentu antara pertengahan April sampai pertengahan Mei, yaitu pada hari Sabtu saat fase bulan sekitar atau sebelum seperempat awal (berumur sekitar tujuh hari). Untuk tahun 2008 ini, antara pertengahan April dan pertengahan Mei, fase bulan seperempat awal terjadi hari Sabtu tanggal 10 Mei. Dan hari itulah diperingati sebagai Hari Astronomi. Bertempat di Kompleks Pondok Pesantren Modern Islam "Assalaam" Sukoharjo, Solo, Jogja Astro Club (JAC) turut mengambil bagian dalam perayaan Hari Astronomi atau Astronomy Day 2008 tahun ini. JAC bekerjasama dengan Club Astronomi Santri Assalaam (CASA) menggelar serangkaian kegiatan bertajuk astronomi Astronomi. SELENGKAPNYA

.

Sabtu, 10 Mei 2008
Moon - Mars @ 20:00 WIB
Di arah Langit Barat agak ke Utara selepas matahari terbenam sore ini Bulan berada dekat dengan Planet Mars. Bulan pada fase seperempat. Di dekatnya ada juga bintang terang pasangan Pollux-Castor. Pemandangan yang cukup menarik untuk disaksikan.

.

Senin, 12 Mei 2008

First Quarter Moon, 10:48 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
..
Senin, 12 Mei 2008
Moon - Saturn - Regulus @ 19:00 WIB
Bulan menjelang purnama berada dekat dengan Planet Saturnus dan bintang Regulus yang terlihat di atas kepala arah Timur-Laut. Pemandangan ini dapat disaksikan lepas petang segera setelah matahari terbenam. Kali ini jarak Bulan terhadap Saturnus terpisah pada sudut sekitar 6°. Dan jarak Bulan terhadap bintang Regulus hanya sekitar 4° saja.
.
Rabu, 14 Mei 2008
Mercury Greatest Elongation East @ 10:49 WIB (Geosentris)
Planet Merkurius pada posisi Elongasi Maksimum di sebelah Timur Matahari. Hari ini ini jarak sudut elongasi Merkurius terhadap matahari mencapai maksimum hampir sekitar 19°. Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Barat sore hari sesudah matahari terbenam. Sore ini juga kecerlangan Planet Merkurius akan mencapai maksimum sehingga mencapai -0,55 pada skala magnitudenya.
.
Selasa, 20 Mei 2008
Full Moon @ 09:12 WIB (Geosentris)
Bulan purnama kali ini dikenal sebagai Milk Moon atau Flower Moon sementara di India disebut Buddha Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
....
Selasa, 20 Mei 2008
Moon at Apogee @ 21:29 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 406.402 km - 29'38" ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [ info ]
..
Selasa, 20 Mei 2008
Moon - Antares @ 21:00 WIB

Bulan Gibbous malam ini berada dekat dengan bintang terang di Rasi Scorpio yaitu Antares yang terlihat di Langit Timur. Pemandangan ini dapat disaksikan menjelang tengah malam hingga pagi.
..
Sabtu, 24 Mei 2008
Moon - Jupiter @ 23:00 WIB
Bulan Sabit Separo malam ini berada dekat dengan Planet Jupiter yang terlihat rendah di Langit Timur. Pemandangan ini dapat disaksikan lepas tengah malam hingga pagi.
.. ..
Selasa, 27 Mei 2008
Istiwa A'zam @ 16:18 WIB ( Menentukan Arah Kiblat !! )
Sore ini Matahari berada tepat di titik Zenit kota Mekkah pada 27 Mei 2008 pukul 09.18 GMT atau 12.18 Waktu Makkah (GMT+3) atau 16.18 WIB (GMT+7). Saat paling tepat untuk menentukan arah kiblat ke Ka'bah di Mekah. Berbeda dengan tahun biasanya, pada setiap tahun kabisat peristiwa Istiwa di Zenit Mekkah ini lebih maju sehari. selengkapnya
.
Rabu, 28 Mei 2008
Last Quarter Moon @ 09:56 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
.
RASI BINTANG MEI 2008
.
Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Orion atau Waluku dilangit Barat lepas petang hari. Hingga kini Orion masih dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh sebagian petani kita. Kenampakan Rasi Orion memang selalu terjadi pada musim penghujan yaitu awal Oktober sampai akhir April. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berada pada jarak 8,6 tahun cahaya.
.
Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Rasi Crus atau Salib Selatan atau Layang-layang atau "Gubuk Penceng" mulai nampak di Langit Selatan. Oleh para pelaut kita rasi Crux merupakan penujuk kompas arah Selatan yang cukup presisi. Bersebelahan dengannya adalah Rasi Centaurus dengan bintangnya yang cukup terang Alpha Centauri atau Rigel Kentaurus yang termasuk jenis bintang ganda. Selain Rasi tersebut, Scorpio juga nampak dominan di Langit Timur dengan bentuknya yang khas mirip kalajengking.
.
Rasi Crux sebagai petunjuk arah Selatan
....

.
.
POSISI.PLANET MEI 2008
.
CLASICAL PLANET
.
.
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan ini mulai naik posisinya di Langit Barat setelah matahari terbenam dan berangsur semakin tinggi hingga pada pertengahan bulan planet Merkurius menapai tinggi maksimum. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Taurus. Di akhir bulan planet ini semakin turun lagi posisinya.
.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet pagi yang menampakkan diri sebelum matahari terbit. Selama awal bulan ini di langit Timur kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Karena posisinya semakin merendah dari hari kehari membuat kecerlangan planet mulai memudar. Venus pada awal bulan di Rasi Pisces.
.
..
Mars
Planet Mars berada di langit Barat selepas petang hari di atas kepala berada dekat dengan Rasi Orion. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini masih berada di dekat pasangan bintang Pollux dan Castor di Rasi Gemini sebelah Utara Orion..Di
..
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan lepas tengah malam di Langit Timur. Ia akan nampak di atas kepala menjelang pagi. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah Bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.
.
..
Saturnus
Planet Saturnus dapat dilihat di Langit Timur selepas matahari terbenam. Saturnus berada di Rasi Leo dan terlihat paling terang diantara bintang yang ada di rasi ini. Bintang terang di dekatnya adalah Regulus. Cahayanya yang cukup terang membuat planet mudah dibedakan dengan bintang. Magnitudenya kali ini sekitar 0,5. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Karena bulan-bulan ini merupakan saat yang paling bagus mengamati planet ini.
.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Timur, pagi hari.
.
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur pagi hari.
...
.
DWARF PLANET (PLANET KERDIL)
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
.
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Ttaurus, Langit Barat lepas matahari terbenam .
.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, Langit Timur lepas tengah malam.
.
.
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur pagi hari.
.
.
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
.
Links:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar