Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 11 Mei 2008

Astronomy Day 2008

Numpang nampang dulu..
.
Hari Astronomi untuk tahun 2008 ini jatuh pada Sabtu, 10 Mei 2008. Peringatan Hari Astronomi ini dari tahun ke tahun jatuh pada tanggal yang berbeda. Hari Astronomi ditetapkan untuk diperingati tiap tahun pada tanggal tertentu antara pertengahan April sampai pertengahan Mei, yaitu pada hari Sabtu saat fase bulan sekitar atau sebelum seperempat awal (berumur sekitar tujuh hari). Untuk tahun 2008 ini, antara pertengahan April dan pertengahan Mei, fase bulan seperempat awal terjadi hari Sabtu tanggal 10 Mei. Dan hari itulah diperingati sebagai Hari Astronomi.
..Sebagian Gadget Astronomi yang dipamerkan
.
Perayaan Hari Astronomi berawal dari kegiatan yang dilakukan oleh Doug Berger (mantan presiden Astronomical Association of Northern California) pada tahun 1973. Doug mengadakan kegiatan untuk memberi kesempatan kepada publik yang berada jauh dari observatorium, agar bisa ikut menikmati astronomi lewat pameran dan kegiatan astronomi. Kegiatan yang dilakukan oleh Doug ini berdampak luas. Sejak saat itu, berbagai organisasi astronomi mengadakan kegiatan serupa. Seiring dengan berjalannya waktu, skala dan lingkup acara menjadi semakin besar. Dan saat ini, kegiatan yang dirintis oleh Doug telah menjadi gerakan arus bawah skala internasional yang secara resmi bertujuan mempromosikan semua kegiatan ilmiah astronomi, dan menyediakan informasi, sumber daya, dan dukungan pada semua aspek astronomi. Dalam kegiatan ini, astronom amatir dan profesional berkesempatan menunjukkan kepada publik apa yang menarik perhatian mereka dalam pengamatan dan penelitian astronomi.Tanggal 26-29 Juli 2005 tahun lalu Astronom Asia Pasifik kembali bertemu dalam Konferensi Regional Astronomi Asia-Pasifik (APRIM) yang berlangsung di Nusa Dua Bali. Dalam salah satu hasil Konferensi APRIM 2005 yang diikuti 34 negara tersebut adalah Keputusan mengenai Pendidikan dan Populerisasi astronomi di Indonesia dan negara-negara Asia Pasifik. Diharapkan dengan diselenggarakannya peringatan Hari Astronomi Tahun 2008 (Astronomy Day 2008) ini dapat menjadi sebuah media pendidikan dan media untuk mempopulerkan atronomi kepada para pelajar serta masyarakat umum.
..
.Ngintip dulu ah..
/
Bertempat di Kompleks Pondok Pesantren Modern Islam "Assalaam" Sukoharjo, Solo, Jogja Astro Club (JAC) turut mengambil bagian dalam perayaan Hari Astronomi atau Astronomy Day 2008 tahun ini. JAC bekerjasama dengan Club Astronomi Santri Assalaam (CASA) menggelar serangkaian kegiatan bertajuk astronomi Astronomi. Sehari sebelumnya CASA telah memulai kegiatannya dengan mengadakan "Workshop Roket dan Aeromodelling" di Kompleks Pondok ini. Kecuali itu Astronomy Day di PPMI Assalaam ini juga menampilkan pembicara dari JAC sdr. Mutoha AR. dan dari CASA adalah Ustadz AR Sugeng Riyadi dalam sebuah acara Talk Show Sepitar Astronomi.
....Acara Talk Show sedang berlangsun
.
Pameran berlangsung selama 2 hari (Sabtu-Ahad) mulai pukul 12:00 WIB sampai pukul 22:00 malam. Pameran Astronomy Day 2008 menampilkan berbagai macam tema yaitu:

1. Pemutaran Video Astronomy
2. Pameran peralatan astronomi amatir meliputi teleskop, binokuler, astro fotografi, peta bintang dsb, rubuk mujayyab, suimulator tatasurya dan gerhana.
3. Pameran buku dan majalah astronomi dalam bhs. Indonesia dan asing.
4. Observasi permukaan matahari, bulan dan planet dengan menggunakan teleskop.
5. Astronomi untuk anak berupa kegiatan puzzel dan Demonstrasi Water Rocket (roket air).
6. Poster-poster astronomi berbagai ukuran.
7. Pengukuran Arah Kiblat.
..
Alhamdulillah acara dapat berlangsung dengan sukses.
Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini.
Sampai jumpa tahun depan..
Laporan lengkapnya menyusul yaa..
.
.
FOTO - FOTO
Ngintip Bulan di siang bolong bisa juga ya..
..

Nampang pake "kacamata matahari".. Loh matahari kok bulet mas? katanya

..

Knapa ya ngintip kok harus merem satu matanya?

( HAbis kalau merem semua khan gak kliatan yang diintip..)

..
Awas..! jangan sesekali melihat langsung matahari tanpa peralatan yang aman..!

..
Nyusun puzzlenya lamaaaa banget..

..
Waterrocket? lha kok gak kliatan roketnya ya?

..
Bukunya dibaca lho, jangan cuman dibuka-buka

.
Asyik nonton Video


3 komentar:

  1. kok undangannya kagak nyampe luar koteeee

    BalasHapus
  2. lochhhh,fotoQ kug g nampang siccchhh????!!!!

    BalasHapus
  3. kalo ada event mohon kami diundang
    SMA N 1 Purbalingga

    BalasHapus