Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 13 April 2008

Nova di Rasi Cygnus

Ledakan Nova dihasilkan oleh sistem bintang Raksana Merah dan Katai
(Sumber: Wikipedia)
.
Sebuah bintang di Galaksi Bimasakti yang sedang sekarat dan telah meletup memancarkan cahaya yang kuat sehingga dapat disaksikan dari Bumi. Nova, begitu para astronom menjuluki peristiwa ini yang terjadi di kawasan Rasi Cygnus (Angsa). Peristiwa letupan bintang ini pertama kali diamati oleh dua orang astronom asal Jepang Koichi Nishiyama dan Fujio Kabashima.
.
NOVA adalah peristiwa ledakan dari sebuah sistem bintang yang terdiri dari sebuah bintang Katai Putih (White Dwarf) dan Raksana Merah (Red Giant). Akibat sistem gravitasi selama periode tertentu materi dari Raksana Merah ini banyak berpindah ke permukaan Katai Putih sehingga menghasilkan ledakan termonuklir. Saat ledakan terjadi menghasilkan cahaya seperti layaknya bintang. Sehingga Nova ini sering dianggap sebagai "bintang baru" yang tiba-tiba muncul di sebuah Rasi.
.
Kedua astronom Jepang menemukan Nova yang akhirnya mendapat nama V2491 Cygni ini beberapa hari sebelum penemuannya resmi diumumkan oleh Badan Astronomi Dunia IAU melalui D. Green Ed. dari Central Bureau for Astronomical Telegrams, Smithsonian Astrophysical Observatory di Cambridge, Massachusetts. Kecerlangan Nova ini pada magnitude 7,5 dimana mata manusia masih sangat sulit melihatnya secara langsung kecuali menggunakan teropong binokuler atau teleskop. Namun demikian kita tidak pernah tahu apakah magnitudenya akan semakin cemerlang atau malah sebaliknya semakin redup dalam beberapa hari ke depan. yang jelas segera setelah IAU mmengumumkan penemuan Nova ini para astronom dari seluruh penjuru dunia langsung mengarahkan teleskopnya ke sana.
.
Nova V2492 Cygni terlihat dari kawasan Indonesia.
.
Dari Indonesia posisi Nova V2492 Cygni ini berada di kawasan Rasi Cygnus yang baru terbit setelah tengah malam di arah Timur Laut. Rasi Cygnus terkenal beberapa bintangnya yang cukup terang yaitu Deneb, Sadr, Gienah dan Albireo. Sedangkan posisi Nova berada pada satu garis lurus di "leher angsa" antara bintang Albireo dan Eta Cygni. Waktu ideal untuk melakukan perburuan adalah sekitar pukul 03.00 dinihari sampai menjelang langit terang. Menurut laporan penemunya posisi Nova berada pada koordinat langit Asensio Rekta (RA) 19h43m01s dan Deklinasi (Dec) +32°19'13". Untuk memburunya anda dapat menggunakan peta langit pada gambar di atas untuk mencarinya. Jangan lupa gunakan binokuler atau teleskop. Akhirnya selamat memburu Nova, awas jangan salah Nova tetangga sebelah yah.
.

Astrogirl siap memburu Nova nanti malam



Nova V2492 Cygni yang berhasil di foto menggunakan teleskop dan kamera CCD.



1 komentar:

  1. Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Webcam, I hope you enjoy. The address is http://webcam-brasil.blogspot.com. A hug.

    BalasHapus