Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Senin, 14 Mei 2007

Membuat Teleskop Sendiri

Teleskop Canggih Meade LX200

Prakarya ini pernah saya buat 2 tahun lalu saat mimpi memiliki teleskop tak pernah jadi nyata. 
Walaupun sekarang sudah ada 3 teleskop pabrikan yang menggantikan namun sampai kini 
barangnya masih tersimpan sebagai kenangan. 

Bagi kebanyakan astronom amatir baik yang sudah master maupun yang masih kroco seperti saya, memiliki sebuah teleskop yang canggih sekelas teleskop MEADE seri LX 200 Schmidt-Cassegrain merupakan hal yang sangat didambakan. Namun boro-boro memilikinya, megang aja belum pernah tuh barangnya. Katanya sih mampu melihat obyek langit dengan pembesaran 850 kali, ini wajar karena panjang fokus teleskop ini mencapai 3 meter, belum teknologi go-to yang mampu menjejak objek langit sampai 150.000 lokasi obyek secara otomatis karena dipandu oleh program komputernya lewat 'hand controler'. Konon teleskop ini juga memiliki teknologi yang canggih yang disebut GPS (Global Positioning System) yang terhubung langsung dengan satelit sehingga bisa langsung mengetahui posisi pengamatan waktu itu. Teleskop ini juga bisa dihubungkan dengan CCD, kamera maupun video camera.

Kalau saya punya teleskop seperti ini mungkin setiap malam tidak pernah tidur, karena asyik ngintip langit... kecuali saat hujan atau mendung. Tidak hanya itu, teleskop ini juga memiliki keunggulan yang lain yaitu harganya sangat tidak cocok untuk kantong kita (katanya sih yang paling murah 25 juta dan paling gede diatas 100 juta wow..).

Tapi jangan khawatir, bagi yang kantongnya tipis kita bisa mencoba membuat teleskop sendiri walau hanya sebuah refraktor, dengan bahan-bahan yang relatif murah di sekitar kita diantaranya:

- lensa bekas fotokopi / lup / lensa cembung (biasanya memiliki fokus 25-60 cm)
- lensa obyektif mikroskop m=10x sd 20x
- lensa okuler mikroskop m=5x atau 12.5x
- pipa pralon 4"
- sambungan 4"-4" = 2x dan 4"-2"=1x
- teleskop finder ( bisa digunakan binokuler yang kecil/diambil satu saja)
- penyangga (tripod) alt-azimuth

Yang pertama disebut mikroteleskop karena gabungan antara mikroskop dan teleskop. Prinsip kerja teleskop ini sebetulnya merupakan prinsip kerja sebuah mikroskop yang obyeknya berupa image yang dihasilkan oleh obyektif teleskop (lensa fotokopi). Menggunakan lensa lup (magnifier) yang besar juga bisa tapi kelemahannya fokusnya terlalu pendek akan terjadi pembiasan karena lensa tunggal dan biasanya lensa ini tidak mengalami proses coating (pelapisan) untuk mengurangi efek pembiasan. Sedangkan lensa fotokopi merupakan lensa gabungan sehingga dapat menghasilkan citra yang lebih tajam dan bagus karena citra dari obyektif inilah yang akan dilihat/dibesarkan oleh sistem mikroskop tsb, keuntungan mikroteleskop ini adalah gambar yang dihasilkan tegak/tidak terbalik.



Cara yang kedua, menggunakan langsung obyektif mikroskop sebagai eyepiece (okuler teleskop) dan lensa fotokopi sebagai obyektifnya. Prinsipnya adalah teleskop biasa yaitu menghimpitkan fokus antara obyektif dan okuler sehingga diperoleh kesan bayangan yang dibesarkan. Bayangan yang dihasilkan pada teleskop ini terbalik dari bendanya seperti lazimnya sebuah teleskop. Sistem fokuser dapat dibuat yang lebih baik menggunakan sistem ulir/sekrup, namun kalau kesulitan lobang bagian belakang diberi shok menggunakan gulungan kertas atau alumunium bubut sehingga bagian eyepiece/okuler dapat dimaju-mundurkan untuk mendapatkan fokus yang tepat. Bagian eyepice (okuler) juga dapat digunakan okuler milik binokuler. Kalau sudah oke tinggal taruh di atas penyangga/tripod dengan dudukan/mounting yang telah kita siapkan.

Untuk finder (pembidik) dapat digunakan bekas binokuler kecil 7x35 yang diambil satu bagiannya yang memiliki pengatur fokus saya tempatkan di atas teleskop menggunakan penjepit alumunium, kecuali untuk membidik juga biar teleskop kelihatan keren. Akhirnya dengan sedikit ketelatenan dan keuletan kita akan bisa memiliki sebuah teleskop yang tidak kalah dengan buatan pabrik itu dan siap kita gunakan.

Nah, setelah dicoba ternyata teleskop cukup bagus saat diarahkan ke permukaan bulan, beberapa kawah terlihat cukup jelas disana. Bahkan saat kamera digital ikut mengintip melalui eyepicenya hasilnyapun lumayan... Idealnya juga kalau di indonesia ada yang jual cermin teleskop atau lensa dan eyepiece kita bisa banyak berkreasi dengan teleskop. Bahkan mungkin bisa diadakan lomba merakit teleskop antar amatir untuk memajukan astronomi Indonesia.



Teleskop setelah diberi penyangga
Lensa fotokopi itu

54 komentar:

  1. Mas or mbak ya ..?.
    Salam kenal ...
    Kebetulan anak saya minta di belikan teropong bintang kemudian saya coba untuk mencari di Net dan saya menemukan ini nih ...http://www.meade.com/lx200r/index.html harganya 129US$...Kira2 ini sdh telekopnya atau apanya ya ...Terimakasih atas infonya ...
    Mohon kalo berkenan di bales ke alamat imel saya di prayudy@gmail.com

    Wassalam,

    Prayudy

    BalasHapus
  2. Kayaknya itu cuma DSI Pro (Deep Sky Imager), cuma alat bantu untuk astrofotografi. Bukan teleskopnya bung.

    BalasHapus
  3. kalau dijumlah berapa biaya untuk membuat satu teleskop sederhana ini.atau bisa di balas ke alamat e mail saya rbmultazam@gmail.com
    (Terima Kasih Izam)

    BalasHapus
  4. assalamualaikum pak toha, teleskop hasil karya njenengan ini pembesarannya kira2 berapa kali??planet yang bisa dilihat dng teleskop ini apa saja?
    ada gak ya pak yang jual cermin cekung agar bs buat teleskop reflektor. trims, wassallam

    BalasHapus
  5. Tolong infonya dimana saya bisa mendapatkan lensa bekas fotocopy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. budi astro22/7/13 14:05

      saya jual mas dari pembongkaran mesin, biasanya lensanya masih sangat mulus, lensa foto kopi 120rb dan proyektor 60 kalau stok masih, budi solo 085728639705 cod aja atau kirim via jne insya Alloh jujur

      Hapus
  6. dimana sih barang" nya bisa kita dapetin....

    kisaran biayanya berapa?

    thanx yauwph...

    reply ke Nandhoot@gmail.com

    wassalam

    BalasHapus
  7. maaf maksudnya pipa paralon 4"

    " nya itu apa?


    terimakasih banyak untuk infonya..

    BalasHapus
  8. " artinya inchi mas (biasa toko mengatakan dengan istilag "DIM") pralon sebesar ini biasanya digunakan untuk talang air yg turun dari atap...

    salam,

    BalasHapus
  9. assalamualaikum, kira2 jumlah biayanya brp? lensa-lensanya bisa didapatkan dmn? saya murid sma di bogor. tolong jawab ke pur_pearl@yahoo.com trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. apakah lensa kacamata bisa digunakan untuk membuat teleskop sederhana? bagaimana kira2 image yang dihasilkan? lensa kacamata itu berjenis chromatic atau acrhomatic? makasih...

    BalasHapus
  11. Di mana sih kita bisa beli lensa bekas? Harganya kira-kira berapa? Thanks

    BalasHapus
  12. Dear All,

    Ada yang pernah buat Dobsonian???? Ukurannya berapa ya? memakan biaya berapa, saya ingin buat dobsonian...

    BalasHapus
  13. Banyak juga rupanya di Indonesia yang berminat mengenai cara-cara pembuatan teleskop

    BalasHapus
  14. Mas, kira2 kalo buat sendiri habis biaya berapa,,,? mr.day_b05@yahoo.com
    terima kasih..

    BalasHapus
  15. saya icza, mau tanya pa kalau beli lensa2 yang disebutkan diatas dimana ya?dan harganya brp? reply(zza_farm@yahoo.com)

    BalasHapus
  16. Sama dengan pertanyaan diatas, kisaran biaya totalnya berapa? kalau tidak keberatan, rincian kasar biayanya sekalian, biar bisa dicicil untuk belajanya...
    mohon dikirim ke : bakhtiar_14@yahoo.com
    terima kasih..

    BalasHapus
  17. cb lht diatas ditanya soal biaya ga da satupun yg dijawab gemana tuh adniba kopler bgt dah

    BalasHapus
  18. Sama dengan pertanyaan diatas, berapa kisaran biaya pembuatannya?
    kalau tidak keberatan, rincian kasar biayanya sekalian, biar bisa dicicil untuk belajanya....
    mohon dikirim ke : djohar@ymail.com
    terima kasih..

    BalasHapus
  19. Boleh tahu dimana bisa beli lensa2 yang disebutkan diatas ?dan harganya brp?
    mohon dikirim ke : alfaris@oe.its.ac.id

    BalasHapus
  20. kalo mau pesan cermin cekung ke mana ya?
    pengen pesen 5 inch fokus 1000mm misalnya?
    chromatic achromatic itu apa sih?

    BalasHapus
  21. kan kalo pake eyepiece nya pake bekas teropong dan lensa depan pake lensa fotocopy kan ?dan di tengah-tengahnya ada lensa lagi ya?
    plis bales

    BalasHapus
  22. Mas ,saya ju9a sama,
    rincian hr9a nya brp?
    Dan beli lensa2 nya dmn?(lensa fotocopy sama microscop)
    mali9na_cerebrum@yahoo.Co.Id

    BalasHapus
  23. kasih ilmu yang full aja jgn stngah2

    BalasHapus
  24. pak,berapa kisaran biaya pembuatannya?rincian biayanya?dimana beli lensa foto kopi,lensa obyektif&okuler mikroskop,teleskop findernya?mohon dikirimke hannz_2005@yahoo.com,terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  25. klo boleh tau berapa kali pembesaran teropong yg bapak buat Bapak?mohon dikirim ke hannz_2005@yahoo.com terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  26. Minta data2 lengkap lensa yg dibutuhkan donk pak, beserta rincian harganya... Kira2 dimana ya nyari lensa2 itu.. thanks. Mohon dibales ke imel saya ya Pak. toriqrahmansyah@gmail.com

    BalasHapus
  27. masa sih bisa bikin, jangan-jangan cuma copy paste az ......

    BalasHapus
  28. maaf.. bleh minta data2 lngkp ny, bsrta rincian harga yang di butuh kn n dmn ja biasa ny bhan2 nya di jual y??
    tlong d krim ke e-mail sy.. Rizky_pratama8912@yahoo.com
    thanks....

    BalasHapus
  29. klu lensa fotocopy d ambil/ di dapat dari mna gan?

    BalasHapus
  30. dapet referensi, makasi ya mas :)

    BalasHapus
  31. bisa dikirim modul yg lengkap + gambar cara pembuatannya gan...??
    ama rincian biayanya kira2 berapa...??
    kl bisa tlg kirim ke thelockgok@gmail.com
    terima kasih...

    BalasHapus
  32. disitus langitselatan lebih jelas detail bahan dan harga keknya..hemmmm

    BalasHapus
  33. mas, bisa kirimkan data tentang pembuatannya?
    kalo bisa kirim ke alhadafarduwin@yahoo.com
    bagaimana cara memperoleh lensa2 yang tersebut diatas??

    BalasHapus
  34. Mohon mas demi kemajuan kita juga anak indonesia karena itu saya minta rincian dana dan mungkin ada foto-foto cara membuatnya tolong dikirim ke email saya ya mas di febrian_iskandar@yahoo.co.id

    BalasHapus
  35. MET PAGI, CARI BAHAN DIMANA? BISA LIHAT DIMANA? ALAMAT DIMANA? SAYA TERTARIK MOHON INFO DI EMAILKAN camu6269@gmail.com , makasih

    BalasHapus
  36. pertanyaan saya sama dengan yang lain dimana kami dapat membeli bahan2 tersebut (andrean_eka@ymail.com)

    BalasHapus
  37. Jual Lensa bekas
    ukuran bekas mesin Proyektor harga Rp.200.000
    ukuran bekas mesin foto copy harga Rp.100.000
    call mas dwi di 0 85813291219

    http://www.facebook.com/media/set/?set=a.100494500051704.202.100002734620621

    BalasHapus
  38. pak, boleh minta penjelasan ttng finderscope nggak? mkasi,,

    BalasHapus
  39. terima kasih atas share infonya mas...sy boleh dikirimkan ngg detil pembuatan tahap demi tahap, tapi dengan bahasa yg umum...hehehe...dan juga tempat jual bahan2nya terutama lensa2nya di jogja, serta rincian biayanya ya...kirim ke email saya aj ya di palidangan.room@gmail.com...makasih banyak...maju terus astronomi indonesia...

    BalasHapus
  40. Saya tertarik Bagus ...Mas Gimana kalo saya mau beli yang jadinya harganya berapa tuh? trus cara bayarnya gimana
    suprikun@yahoo.com

    BalasHapus
  41. annas akbar14/4/12 22:21

    wah iya juga....saya mau ngikut yg di atas....kalo situ yang buat terus sini yang beli gimana?harganya berapa?ongkir saya tanggung...

    BalasHapus
  42. menarik sekali ntuk merangsang anak cinta dunia perbintangan, toong dikirimi cara membuat yang detail, bahan2 nya beli dimana serta kisaran harganya, eh ya saya diPekalongan Email saya gohedgohed@yahoo.co.id trims sebelumnya

    BalasHapus
  43. kalau lensa obyektif mikroskopnya 40X bisa gak ya?

    BalasHapus
  44. kalo cuman nulis begitu semua juga bisa ......yang nggak bisa itu berapa total biaya , dapetnya lensa dimana ,ukurannya berapa ,terus kasih tau cara merakitnya ......yang komplit sekalian kenapa ....atau jangan jangan artikelnya cuman copy paste dari yang lain kali .......sorry pedes kritiknya

    BalasHapus
  45. Kalau mau beli lensa bekas ada di pasar loak jatinegara sekitar pertigaan bogor atau belakang well-well. Aku sapto007nugroho@yahoo.com.

    BalasHapus
  46. pak mutoha darimana saya bisa mendapatkan lensa bekas fotokopi apakah itu dijual di toko" ? mohon di jawab melodybommer@yahoo.com

    BalasHapus
  47. pak mutoha maaf bisa kirimkan juga rincian pembuatan teleskopnya ?
    kalau bisa di upload video ke youtube agar lebih dapat dimengerti.
    Maaf sebelumnya

    BalasHapus
  48. mau tanya, bagaimana cara mengetahui panjang fokus sebuah luv selain dg cara manual yaitu dg cara membakar kertas di bawah luv dg bantuan sinar matahari? tks

    BalasHapus
  49. pak untuk membeli lensa objektif yang fokusnya sampai 1 meter dimana ya ? di mohon bantuannya (permana.dian2012@gmail.com)

    BalasHapus
  50. beli aja lensa kcmata yg blm dipotong yg +1 hrga 30rb

    BalasHapus