Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 07 Juni 2007

Astro Event Juni 2007

Summer Solstice : Matahari berada di Titik Balik Utara setiap tanggal 22 Juni

.

Datangnya bulan Juni 2007 lebih memberi harapan bagi para pecinta langit malam. Fenomena perubahan posisi matahari yang akan mencapai puncaknya pada 22 Juni yang akan datang yaitu summer solstice dimana matahari mencapai titik balik Utara menandai datangnya kemarau di Indonesia sebagai negara yang terletak di daerah tropis. Untuk itu bersiaplah menyambut rangkaian event astronomi yang terjadi bulan ini. Rangkaian event astronomi di bulan Juni ini diantaranya masih seputar fenomena rutin fase bulan termasuk di dalamnya informasi awal bulan hijriyah serta peristiwa unik yang disebut "blue moon" dimana pada bulan ini terjadi 2 kali purnama. Selain itu, visibilitas planet termasuk oposisi Jupiter, merkurius dan Venus yang mencapai elongasi maksimum dan moon closest yaitu dekatnya bulan dengan obyek planet atau bintang masih akan menghiasi langit Indonesia bulan ini.

.

Astro event ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu EfemerisNASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.

.

Foto Jupiter melalui teleskop menggunakan teknik stacking (foto: JAC)

.

Jumat, 1 Juni 2007

Full Moon @ 08:04 WIB (Geosentris)

Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Flower Moon atau Strawberry Moon sementara di India disebut Wat Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

.

Jumat, 1 Juni 2007
Moon - Jupiter @ 20:00 WIB

Malam ini bulan yang sedang purnama bersebelahan dengan Jupiter. Jarak Jupiter sekitar 1 jari (5°) dari posisi bulan purnama. Jupiter adalah benda langit paling terang monor 3 setelah bulan dan venus yang nampak sore harinya. Coba saksikan di Langit Timur lepas petang.

.

Sabtu, 2 Juni 2007

Merkurius Greatest Eastern Elongation @ 17:00 WIB (Geosentris)
Planet Merkurius berada pada posisi Elongasi Maksimum di Timur matahari. Hari ini jarak sudut Merkurius terhadap matahari paling besar hampir sekitar 22°. Peluang bagus untuk menyaksikan planet ini di Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

Rabu, 6 Juni 2007

Jupiter Opposition @ 06.13 WIB (Geosentris)

Jupiter tepat berada pada fase PURNAMA (oposisi thd matahari), terbit di Timur saat setelah matahari terbenam dan di atas zenih saat tengah malam. Fase oposisi merupakan saat paling bagus untuk mengamati planet ini. Gunakan teleksop dengan pembesaran di atass 100x untuk dapat menyaksikan detil muka planet. Binokuler cukup untuk sekedar menyaksikan satelit galileannya (bulan) yang berjumlah 4.

.

Jumat, 8 Juni 2007
Last Quarter Moon @ 18:43 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit pada tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

.

Sabtu, 9 Juni 2007

Venus Great Eastern Elongation @ 10:00 WIB (Geosentris)

Planet Venus pada posisi Elongasi Maksimum di Timur Matahari. Hari ini jarak sudut elongasi Venus terhadap matahari mencapai maksimum hampir sekitar 45°. Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

Rabu, 13 Juni 2007

Moon Perigee @ 00:08WIB (Geosentris)

Hari ini bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 363.777 km ) [ info ]

.

Jumat, 15 Juni 2007

New Moon @ 10:13 WIB (Geosentris)

Bulan Baru kali ini merupakan akhir bulan Jumadil Awal 1428 H sekaligus mengawali bulan Jumadil Akhir 1428 H. Bulan baru kali ini mengawali lunasi ke 1045.

.

Jumat, 15 Juni 2007

Rukyatul Hilal Jumadil Akhir 1428 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Jumadil Akhir 1428 Hijriyah. Seperti biasanya JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal bulan ini. Dengan posisi hilal yang hanya sekitar 2° di atas horison saat matahari terbenam akan menjadi sesuatu yang mustahil dapat menyaksikan hilal. Oleh sebab itu kegiatan rukyat akan dilakukan pada hari berikutnya (Sabtu) saat ketinggian hilal memenuhi syarat visibilitas (14°). Kegiatan direncanakan di Pantai Parangkusumo dan malam harinya dilanjutkan acara stargazing.

.

Posisi hilal pada saat hari terjadinya ijtimak Jumat 15/06/07

.

Senin, 18 Juni 2007

Moon - Venus @ 18:00 WIB

Sore ini di Langit Barat terlihat bulan sabit muda yang masih berusia 4 hari bersebelahan dengan Planet Venus pada sudut sekitar 3°.

.

Selasa, 19 Juni 2007

Moon - Saturnus @ 18:00 WIB
Sore hari selepas matahari terbenam kita dapat menyaksikan langit Barat pemandangan menarik bulan yang masih fase kwartal awal bersebelahan dengan planet bercincin Saturnus. Fenomena yang cukup menarik seandainya pula dapat diabadikan dalam bentuk foto. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk menghasilkan gambar ini. Jarak bulan-saturnus kali ini sekitar 1°.

..

Jumat, 22 Juni 2006

Summer Solstice @ 01:06 WIB (Geosentris)

Summer Solstice adalah saat dimana posisi matahari berada di titik balik Utara atau sering disebut sebagai Tropic of Cancer yaitu garis paralel 23ยบ 27’ di Utara Katulistiwa (Ekuator) bumi. Dan perhatikan serta amati, terbit/terbenamnya matahari akan mulai bergeser lagi ke Selatan. Peristiwa Solstice merupakan bagian peristiwa akibat perputaran bumi mengelilingi matahari sementara sumbu bumi miring terhadap bidang edarnya.

.

Jumat, 22 Juni 2007

First Quarter Moon, 20:15 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal, terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenam bulan sudah terlihat menggantung di atas langit.

.

Minggu, 24 Juni 2007

Moon Apogee @ 21:26 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404.538 km ). [ info ]

.

Minggu, 24 Juni 2007

Moon - Spica @ 19:00 WIB

Malam ini bulan berdampingan dengan bintang Spica di Rasi Virgo.

.

Kamis, 28 Juni 2007

Moon - Jupiter @ 19:00 WIB

Malam ini bulan berdampingan dengan Planet Jupiter di Langit Timur setelah matahari terbenam.

.

Jumat, 29 Juni 2007

Merkurius Inferior Conjunction @ 01:40 WIB (Geosentris)

Hari ini planet Merkurius berada pada posisi antara bumi dan matahari atau disebut konjungsi inferior untuk memulai fasenya menjadi planet pagi yang nampak di Langit Timur.

.

Sabtu, 30 Juni 2007

Full Moon @ 20:49 WIB (Geosentris)

Bulan purnama kedua yang terjadi pada bulan kali ini dikenal sebagai Blue Moon sebuah kejadian yang termasuk langka. Sehingga muncul ungkapan "once in blue moon" yang artinya "sekitar 3 tahunan" yaitu periodisasi munculnya 2 purnama dalam satu bulan. Blue moon sendiri bukan bermakna bulannya berwarna biru namun sejarah mencatat ketika kebetulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan asap kebakaran membuat wajah bulan berwarna biru sehingga orang menghubungkan dengan kejadian langka tersebut.

Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 21.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang. Saksikan BLUE MOON kali ini apakah juga berwarna biru???

.

Sabtu, 30 Juni 2007

Venus - Saturnus @ 19:00 WIB

Sore ini planet Venus berada dekat berdampingan dengan planet Saturnus di langit barat setelah matahari terbenam.

..

. Stargazer saat melakukan aksinya dengan planisphere dan redlight (JAC)

.

.
RASI BINTANG BULAN JUNI 2007

.

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah munculnya Rasi Crux di Langit Selatan lepas matahari terbenam dengan empat buah bintangnya yang membentuk palang sehingga rasi ini sering dinamakan salib selatan (southern cros) . Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang-layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "the Pointer" yang menghiasi Langit Selatan.

.

Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) dilangit Timur lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.

.

Menjelang tengah malam konfigurasi bintang Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle- akan dapat disaksikan di Langit Timur. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang.

.

[ DOWNLOAD PROGRAM PETA BINTANG ]

..



Venus masih mendominasi Langit Barat waktu sore hari selama bulan Juni

.

.

POSISI PLANET BULAN JUNI 2007

.
CLASICAL PLANET.

.

▓ Merkurius ▓

Merkurius pada bulan ini dapat disaksikan di Langit Barat setelah matahari terbenam. Posisinya yang pada awal bulan mencapai elongasi maksimum membuat planet ini punya peluang besar teramati. Merkurius kini berada di Rasi Gemini.

.

▓ Venus ▓


Venus menjadi planet sore yang menampakkan diri setelah matahari terbenam. Selama bulan Juni ini di langit Barat kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Bahkan pada bulan ini planet Venus juga mencapai elongasi maksimum sekitar 45° dari matahari. Venus sedang berada di Rasi Cancer.

.
▓ Mars ▓

Bulan ini Mars berada di langit Timur saat menjelang Subuh dan berangsur-angsur naik menjauhi posisi matahari. Mulai awal bulan planet mulai dapat dilihat mulai pukul 3 pagi di Langit Timur. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa, Mars mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Pisces.

.

▓ Jupiter ▓

Jupiter masih menjadi planet di Langit Timur selepas senja. Planet ini semakin menjauh elongasinya terhadap matahari sehingga mulai bulan ini mudah diamati bahkan awal buklan pada fase purnama (oposisi). Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah bulan dan Venus. Sampai akhir bulan nanti planet ini berada di Rasi Ophiuchus.

.

▓ Saturnus ▓

Bulan ini Saturnus berada di Langit Barat lepas petang hari. Saturnus cukup terang cahayanya sehingga mudah diamati. Amat mudah sebenarnya membedakan cahaya planet dan cahaya bintang. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Saturnus kini berada di Rasi Leo.
.

▓ Uranus ▓

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius sebelah Barat Mars, Langit Timur sebelum matahari terbit.

.
.

▓ Neptunus ▓

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur sebelum matahari terbit.

.

.

.
DWARF PLANET

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

.
▓ Ceres ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

.

▓ Pluto ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, sekitar posisi matahari.

.
.

▓ Eris ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, posisi di atas kepala setelah matahari terbenam.

.
.

Download Event 2007

.

Links Source:

http://space.com

htttp://skymap.com

http://astronomy.com

http://skytonight.com
.

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Plus Versi 6 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar