Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Selasa, 02 Januari 2007

Astro Event Januari 2007

Venus mulai muncul kembali di langit barat pada sore hari

Bulan Januari 2007 ini menurut prakiraan para pakar cuaca akan terjadi banyak penyimpangan musim di Indonesia. Hal ini katanya sangat dipengaruhi oleh munculnya gejala El Nino dan La Nina yang merupakan siklus selama 3 atau 7 tahun. Biasanya bulan Januari merupakan bulan yang paling tinggi curah hujannya. Namun adanya gejala tersebut dapat mengakibatkan Januari menjadi bulan yang kering. Hal ini tentunya menjadi kondisi yang menyenangkan bagi para stargazer pecinta langit malam namun tentunya kekeringan yang diakibatkannya akan banyak merugikan. Berharap saja hujan turun dengan normal dan ada beberapa malam yang cerah penuh dengan taburan bintang. Event penting bulan ini nampaknya akan didominasi oleh kemunculan komet McNaught (C/2006 P1) yang merupakan komet paling terang pada dekade ini. Namun sayang dari Indonesia komet ini akan sulit diamati karena posisinya yang terlalu dekat matahari. Tapi jangan khawatir masih ada event-event lain yang cukup menarik juga untuk bisa dilihat. Jupitwer, Saturnus, venus dan Mars akan menjadi obyek teleskop yang bagus selama bulan ini. Kalender ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight Pro Versi 5.8.2 dan Generator Efemeris Sky View Cave serta beberapa sumber. Kita berharap langit cerah diantara musim hujan kali ini. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.

.


Rabu, 3 Januari 2007

Bulan Purnama, 20:57WIB (Geosentris)

Terbit : 17:54 WIB ♣ Transit: 23:52 WIB ♣ Terbenam: 05:48 WIB

Bulan purnama kali ini dikenal sebagai Ice Moon, the Moon After Yule, the Old Moon, atau Wolf Moon. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap kebumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Bagaimana menurut anda?. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah sekitar pukul 21.00 saat ia tidak posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

..
Rabu, 3 Januari 2007

Puncak Meteor Shower Quadrantids, 08:00 WIB Geosentris

Mulai pukul 21 malam sampai tengah malam kita dapat menyaksikan puncak Hujan Meteor Quadrantids (QUA-IMO1) namun beberapa meteor dapat terlihat mulai tanggal 1 - 5 Januari 2007. Radiant meteor ini berada di arah Timur-Laut tepatnya di Rasi Bootes. Rasi ini tampak di langit Timur menjelang subuh. Quadrantid dapat menampakkan meteor sampai 40 buah setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 41 km/s. Meteor shower Quadrantids ini sering membuat goresan cahaya yang panjang. Jangan berharap banyak dapat menyaksikan shower ini karena malam itu pas bulan purnama. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah setelah radiant muncul sekitar pukul 03:00 WIB sampai sebelum terbit matahari. ( Teknik Observasi Meteor )

..

Jumat, 5 Januari 2007

Jupiter di sebelah Antares, 04.30 WIB

Pagi ini Jupiter berada di Utara bintang merah Antares di rasi Scorpius sejauh 5°.

..

Minggu, 7 Januari 2007

Bulan di sebelah Saturnus, 02.30 WIB

Pagi dinihari ini bulan berada dekat Saturnus sejauh cuma 1°
..
Minggu, 7 Januari 2007

Merkurius Konjungsi Superior, 13:05 WIB (Geosentris)

Merkurius berada pada posisi di belakang matahari.

..

Rabu, 10 Januari 2007

Bulan @ Apogee, 23:25 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404,334 km sudut angular 29' 33" ).

..
Kamis, 11 Januari 2007

Bulan Kwartal Akhir, 19:45 WIB (Geosentris)

Terbit : 23:29 WIB ♣ Transit: 05:45 WIB ♣ Terbenam: 12:03 WIB

Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Timur, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

..

Kamis, 11 Januari 2007

Bulan di sebelah Spica, 23:30 WIB

Malam ini menjelang tengah malam bulan yang sedang pada fase kuartal akhir ini berada sangat dekat dengan bintang Spica di Rasi Virgo.

..
Kenampakan Komet McNaught di Langit Barat pada 14 Januari 2007

..

Minggu, 14 Januari 2007

Komet McNaught (C/2006 P1) @ sunset

Mulai tanggal ini Komet McNaught C/2006 P1 akan menjadi obyek yang paling menarik diamati dari Indonesia saat kondisi langit Barat clear tentunya. Komet ini berada di posisi sebelah atas matahari sekitar 4 derajat dan bergeser ke arah Selatan agak naik setiap harinya. Jika beruntung kita dapat menyaksikan komet ini. Jangan lupa siapkan kamera dengan pencahayaan long exposure beberapa detik untuk memotret komet ini. lebih bagus menggunakan kamera digital dan gunakan penyangga tripod.

..

Senin, 15 Januari 2007

Bulan di sebelah Jupiter dan Antares, 04:00 WIB

Pagi ini selepas Subuh di langit Timur kita dapat menyaksikan bulan yang sedang pada fase bulan tua ini berada dekat dengan Jupiter bintang Antares di Rasi Scorpius.

..
Jumat, 19 Januari 2007

Bulan Baru, 11:01 WIB (Geosentris)

Bulan Baru (New Moon) kali ini merupakan akhir bulan ulhijjah 1427 H sekaligus mengawali bulan Muharram 1428 H. Bulan baru kali ini merupakan awal lunasi ke 1040.

..


Jumat, 19 Januari 2007

Rukyatul Hilal Muharram 1428 Hijriyah, @ sunset

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan
Muharram 1427 Hijriyah. Seperti biasanya JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal Muharram 1428 H dari Pantai Parangkusumo Yogyakarta. Data dari Pos Observasi Hilal Parangkusumo menunjukkan bahwa saat matahari terbenam (18:04 WIB) hilal berada pada ketinggian di atas ufuk horison (3º13') sedangkan ijtimak atau konjungsi terjadi pada pukul 11:01 WIB.

..

Sabtu, 20 Januari 2007

Pelatihan Rukyatul Hilal, 16:00 - 20:00 WIB (Club Event)

Hari ini JAC berencana memandu 2 klub astronomi yaitu Club Astronomi Santri Assalam (CASA) Solo dan KIR Astronomi SMA Kolombo Jogja melakukan kegiatan Pelatihan Rukyatul Hilal. Kegiatan dilakukan hari ini dengan maksud agar posisi hilal sudah relatif tinggi sehingga mudah untuk berlatih melihat hilal. Kegiatan bertempat di Pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta. Posisi hilal cukup bagus karena dekat dengan planet Venus sebagai acuan. Pada malam harinya akan dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan nama Bintang dan Rasi Bintang atau Konstelasi.

..
Senin, 22 Januari 2007

Bulan @ Perigee, 19:31 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 366.927 km dengan diameter angular 32' 34" )

.

Jumat, 26 Januari 2007

Bulan Kwartal Awal, 06:01 WIB (Geosentris)

Terbit : 11:50 WIB ♣ Transit: 17:50 WIB ♣ Terbenam: 23:51 WIB

Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbitpun bulan sudah terlihat menggantung di atas langit.

.

Sabtu, 27 Januari 2007

Bulan di sebelah Pleiades, 21:00 WIB

Sore ini kita menyaksikan bulan tua (waxing gibbous) berada dekat dengan Pleiades si Tujuh Bidadari di Rasi Taurus. Posisi bulan hampir berada di langit Barat waktu itu. Dengan binokuler tujuh bintang di Pleiades akan bisa nampak dengan jelas.

.

Kemunculan Komet Hale-Bobb pada tahun 1997
.

Rasi Bintang Januari 2007

.

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Januari ini diantaranya adalah munculnya Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit Timur lepas tengah malam yang dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh para petani. Kenampakan Rasi Orion memang selalu pada awal musim penghujan yaitu awal Oktober sampai November. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berda pada jarak 8,6 tahun cahaya. Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades atau sering disebut Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang ini mirip asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut.

.

Posisi Planet Januari 2007

.

Clasical Planet

.

Merkurius

Merkurius yang pada awal bulan sempat berada di belakang matahari, pada pertengahan bulan posisinya mulai naik kembali menjadi planet sore, planet ini mulai dapat diamati pada sore hari di Langit barat setelah matahari terbenam dan setinggi 14 derajat saat akhir bulan. Merkurius kini berada di Rasi Capricornus..

.

Venus

Venus menjadi planet sore yang menampakkan diri setelah matahari terbenam. Mulai awal bulan di langit Barat kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Venus sedang berada di Rasi Aquarius dan posisinya semakin naik setiap sore.

.

Mars

Bulan ini Mars berada di langit Timur saat pagi hari dan berangsur-angsur menjauhi posisi matahari. Mulai awal bulan planet mulai dapat dilihat pada pagi hari di langit timur sebelum matahari terbit. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa, Mars mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Sagitarius.

.

Jupiter

Jupiter masih merjadi planet pagi di Langit Timur sebelum matahari terbit. Planet ini semakin menjauh elongasinya terhadap matahari sehingga mulai awal Januari ini sudah dapat diamati. Pertengahan bulan planet ini berada di Rasi Ophiuchus.

.

Saturnus

Bulan ini Saturnus berada pada posisi di arah Timur mulai lepas tengah malam. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Saturnus terus naik posisinya sehingga lebih mudah diamati. Bulan ini Saturnus sedang berada di Rasi Leo. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya.

.

Uranus

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

Neptunus

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.
.

Dwarf Planet

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

.

Ceres

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

Pluto

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, sekitar posisi matahari.

.

ERIS ( nama baru untuk XENA-2003UB313 )

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, posisi di atas kapala setelah matahari terbenam.
.

.

.

Download Event 2006 versi PDF

.

Links Sourche:

http://space.com

http://skymap.com

http://astronomy.com

.

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Versi 5.8.2 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe from Aladdin Systems, Inc



Tidak ada komentar:

Posting Komentar