Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 27 Juli 2006

News: Fireball?? di atas Langit Jogja


Sebuah fenomena yang diyakini sebagai sebuah meteor besar memasuki atmosfer bumi atau yang sering disebut dengan "fireball" terjadi di atas Langit Selatan Yogyakarta atau tepatnya di atas Pantai Parangtritis pada Rabu, 26 Juli 2006 malam. Kejadian itu berlangsung begitu cepat tepat pada pukul 19.31 WIB. Saat itu secara kebetulan beberapa anggota Jogja Astro Club (JAC) sedang mengadakan acara stargazing (observasi langit malam) setelah pada sorenya diadakan kegiatan rukyat hilal di Parangkusumo. Saat meteor melintas tepat di arah zenith (atas kepala) memancarkan cahaya yang amat terang sampai area gelap yang kami tempati mendadak terang benderang dan beberapa saat disusul dengan suara ledakan sebanyak 2 kali. Meteor melintas dari arah Timur menuju Barat sambil meninggalkan jejak asap berwarna menyala kebiruan yang lama-kelamaan hilang sekitar 2 menit.Sungguh ini merupakan fenomena menakjubkan yang baru pertama kami lihat. Beruntung beberapa anggota JAC yang mengikuti kegiatan dapa turut melihatnya walaupun tidak sempat mengambil gambar karena kejadiannya begitu cepat.

Di perkampungan, wargapun nampak banyak yang cemas setelah melihat fenomena tsb. Maklum, mereka masih trauma betul dengan bencana gempa bumi dan tsunami yang baru saja mereka alami. Namun kita berusaha menenangkan mereka dengan menyampaikan informasi mengenai fenomena tsb. dalam sudut pandang astronomi. Dan bersyukur ini dapat mengurangi kecemasan para warga di Parangtritis yang kebetulan turut melihat langsung peristiwa tsb. Payahnya, kamipun jadi turut khawatir terjadi sesuatu karena berada di Pantai. Maka acara stargazing disudahi pada pukul 20.00 WIB dan kamipun langsung pulang.

Melintasnya meteor malam itu bahkan dapat terlihat oleh seorang kawan yang berjarak lk. 40 km lewat sms yg saya terima. Saya belum menyimpulkan kejadian tsb. apa benar2 fenomena meteor atau benda asing yang lain. Kita tunggu beritanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar